Mitos dan Pengalaman Estetis Dari Sebuah Lagu

 



Mengapa memilih lagu Kursi Goyang dari Fourtwnty? karena lagu tersebut selalu membuat hati tenang, apalagi diputar pada waktu sore hari sambil menikmati kopi dan melepas penat seusai melakukan kesibukan tertentu, misalnya kuliah atau kerja.

Video Klip Lagu Kursi Goyang ini menampilkan visual-visual sederhana yang tenang dan mengalir seperti air, warnanya pun sangat lembut, dan seakan mengajak kita untuk terbawa ke suasana video musik itu sendiri.

Pengalaman Estetis akan terdeteksi dengan sendirinya, melalui alunan instrumen dan suara vocal Ari Lesmana, terasa tenang saat saya sudah lelah dengan keseharian saya. Awal-awal saya mendengarkan lagu ini yaitu ketika saya bekerja di sebuah toko bengkel sepeda listrik bersama kedua teman saya yaitu Abdul dan Syauqi, dan waktu itu Syauqi yang memutar lagu ini melalui speaker ketika kami bertiga sedang ingin menutup bengkel di waktu sore hari. Saya merasakan pemaknaan lagu ini cocok dengan suasana pada saat itu, dimana saya yang sedang kelelahan dengan pekerjaan tiba-tiba menjadi tenang ketika mendengarkan lagu itu.

"Kursi Goyang" sendiri itu bermakna tempat yang nyaman, tempat yg teduh, tempat yang membuat bahagia ketika kita pulang, entah itu rumah, keluarga, ataupun teman tongkrongan kita, sebab ketika kita sudah lelah dengan pahitnya kehidupan, pasti kita mencari tempat pulang yang nyaman menurut kita sendiri.

Lalu saya pun juga terpaku dengan lirik "Gagal Tafsirmu Tentang Bahagia" yang membuat saya berpikir keras tentang makna lirik tersebut. Menurut saya sendiri, maknanya adalah ketika seseorang yang sudah raharja dalam hal "duniawi", orang tersebut sukses pada karirnya, memiliki harta dan benda yang cukup melimpah, tapi belum tentu juga orang itu bahagia seperti yang orang lain pikirkan.

Mencari uang itu boleh, mengejar karir pun juga boleh, tetapi harus ingat darimana kamu berasal. Pulanglah kerumah entah apapun itu rumahnya, dan "Kursi Goyang" itu dianggap sebagai rumah atau tempat ternyaman untuk pulang, beristirahat, dan membuat kalian menjadi apa adanya.

Sekian tulisan ini saya buat, terima kasih jika kalian sudah mau merelakan waktu untuk membaca tulisan saya yang seperti ini, Sampai Jumpa!



RIO RESTU FAUZI | 202146500798| R4J

Komentar